Artikelkesehatand.com

Fitur dan spesifikasi Galaxy S4

Seperti para pendahulunya, berita, rumor dan isu spesifikasi dan peluncuran samsung galaxy S4 santer terdengar. Sekarang ponsel pintar ini telah diluncurkan. Sehingga kemunculan S4 menjadi perhatian para pengamat dan penggemar gadget di seluruh dunia

Espektasi pasar tentang spesifikasi dan fitur yang dibenamkan dalam Galaxy S4 sangat tinggi. Samsung memang dikenal sebagai pabrikan sukses dalam memproduksi smartphone berkualitas tinggi.

Tetapi sayang para pesaing juga tak kalah dalam meluncurkan berbagai inovasi dimana mereka berlomba-lomba memunculkan smartphone yang berkualitas dari segi spesifikasi, fitur dan penampilan luar.


Mampukah samsung galaxy S4 memikat pasar smartphone yang sangat pesat berkembang? Berikut ini ulasannya.



Tampilan luar

Dari varian samsung galaxy S yang pertama sampai S4 samsung tidak merubah material pembungkus teknologinya yakni masih menggunakan plastik. Meskipun jenis material ini bukan masalah besar tetapi banyak pihak yang mengkritik ketidak kuatan plastik termasuk dari para pesaingnya.

S4 terlihat lebih elegan dibanding dengan SIII karena sekujur bodynya dilapisi dengan chrome meskipun material utamanya tetap plastik. Modelnya juga tidak jauh berbeda dengan SIII.

Bezel S4 lebih tipis dibanding dengan SIII sehingga bagian layar terasa lebih lega. S4 juga lebih ringan dan tipis tetapi tetap nyaman digenggam.

Tombol on/off terlihat lebih kecil. dibagian atas ada blaster infrared yang berfungsi sebagai remote control untuk beberapa jenis alat elektronik. Dibagian belakang terdapat speaker, kamera serta lampu flash. Slot microUSB tedapat dibagian bawah.

Secara garis besar, tampilannya tidak banyak berubah hanya sedikit modifikasi. Meskipun demikian tampilannya tetap cantik dan elegan.

Layar

Jenis layar yang diusung samsung galaxy S4 merupakan salah satu jenis layar yang terbaik saat ini. Lebarnya 5 inch dengan teknologi super amoled HD, resolusinya cukup tinggi 1920 x 1080 dengan kepadatan 441 ppi (pixel per inch).

Layar Amoled memiliki kemampuan menampilkan warna dengan jernih dan tajam. Menanggapi komplain tentang warna layar yang terlalu menyala, samsung mengakalinya dengan menyisipkan mode adapt display di bagian setting, fungsinya untuk menyesuaikan warna secara otomatis sehingga lebih nyaman dilihat.

Lapisan gorilla glass 3 sebagai pelindung layar membuat layar samsung galaxy s4 tahan terhadap goresan benda tajam sampai pada tingkat tertentu.

Kualitas layar yang prima memastikan pengguna S4 mendapatkan pengalaman menarik dalam berinteraksi dengan ponselnya dalam melakukan berbagai aktifitas.

OS

samsung galaxy S4 menggunakan sistem operasi terbaru android 4.2.2 code name jelly bean. Tidak lupa, samsung juga meningkatkan fungsionalitas setiap gadgetnya dengan interface Touchwiz yang memungkinkan para pengguna lebih bebas mengkustomizasi ponselnya.

Untuk mengakses menu multi window cukup tekan tombol back selama beberapa detik untuk memunculkannya. Ada beberapa macam aplikasi yang bisa dipilih seperti gallery, email, chat on, youtube, facebook. Beberapa aplikasi tambahan buatan samsung juga ditambahkan.

Hardware

Samsung membenamkan prosesor octa core Exynos 5 Octa 5410 yang notabene memliki 8 core dengan 2GB LPDDR3 RAM. Delapan core tersebut didesain dalam arsitektur big.Little dari ARM. Ia memiliki empat core Cortex A7 yang efisien dalam penggunaan energi dan didesain untuk operasional ringan.

Jadi ada prosesor yang menangani pekerjaan ringan dengan konsumsi daya yang rendah dan ada juga prosesor yang didesain untuk memenuhi kebutuhan aplikasi yang lebih tinggi.

Inovasi dan fitur tambahan samsung galaxy S4

Samsung benar-benar memanjakan penggunanya di galaxy S4. Menggunakan S4 memberikan pengalaman baru yang mengasikan.

Air gesture dan air view memungkinkan kita dapat mengakses beberapa menu tanpa harus menyentuh layar.

Air view dapat digunakan dengan jari tanpa menyentuh layar tetapi tidak boleh terlalu tinggi sekitar satu atau dua centimeter saja dari layar. Untuk menampilkan preview foto dan dan video berjalan sangat baik.

Air gesture memungkinkan kita menavigasi dengan lambaian gerakan tangan misalnya memindahkan video, foto dan halaman web.

Ponsel ini juga dibekali dengan identifikasi gerakan mata. Misalnya video akan berhenti berputar saat pandangan mata beralih dari layar.

Fitur smart scroll memungkinkan kita menavigasi halaman web dengan gerakan mata meskipun terkadang gerakan halaman terlampau cepat tetapi fitur ini cukup memudahkan saat berselancar di internet.

Pemancar Infra merah yang ada di bagian atas samsung galaxy S4 bisa difungsikan sebagai remote control berbagai macam DVD player, bluray, home projector, TV. Settingan bisa dilakukan dengan mudah di menu watch on

S translator memungkinkan penerjemahan bahasa dari tulisan ke bicara melalui speaker, tulisan ke tulisan atau bicara ke bicara.

Rating: 4.5