Artikelkesehatand.com

Cara Menghilangkan Bau Kaki

Bau kaki yang tajam tidak hanya mengganggu tetapi juga memalukan saat berada ditempat umum. Untuk itu diperlukan cara tepat menghilangkan bau kaki agar masalah ini bisa teratasi dan tidak kembali lagi.

Menjaga kebersihan kaki merupakan hal paling penting disamping menjaga kebersihan kaos kaki dan sepatu. Hal-hal tersebut dapat mempengaruhi kondisi disekitar kaki yang menghambat atau mempercepat pertumbuhan bakteri penyebab bau.

Cara menghilangkan bau kaki tidak boleh hanya pada satu hal tetapi harus pada beberapa faktor seperti disebutkan diatas. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi bau kaki tidak sedap

1. Potong kuku
Sering orang tidak sadar bahwa meskipun kuku bersih tetapi dibawah kuku yang panjang banyak terdapat bakteri yang bisa berkembang biak dengan cepat apabila kondisi lingkungannya mendukung. Memotong kuku kaki mengurangi tempat persembunyian kuman penyebab bau kaki.

2. Jaga kebersihan kaki
Bila perlu rendam kaki dalam air hangat yang telah dibubuhi garam atau cairan desinfektan kulit. Sekarang sudah banyak tersedia sabun anti bakteri yang bisa digunakan.

3. Jaga kebersihan kaos kaki dan sepatu
Ada baiknya memiliki beberapa pasang kaos kaki dan sepatu sehingga bisa digunakan secara bergantian sementara kaos kaki atau sepatu yang lain dicuci. Penjemuran dibawah terik matahari juga efektif menghilangkan bau meskipun lebih disarankan untuk dicuci. Untuk menyerap bau tempatkan bubuk soda kue dalam wadah dan taruh dalam sepatu.

4. Sepatu dengan sirkulasi udara
Pilihlah sepatu yang memiliki sirkulasi udara yang baik misalnya sepatu olahraga dengan pori-pori. Hindari sepatu berbahan plastik atau bahan yang sulit menyerap keringat.

Rating: 4.5