Artikelkesehatand.com

Nyeri di Telapak Kaki

Rasa nyeri di telapak kaki kadang memang mengganggu karena menyulitkan saat berjalan. Biasanya sakit di telapak kaki ini terasa saat bangun tidur atau setelah duduk terlalu lama. Mungkin ada yang menganggap bahwa ini gejala asam urat tetapi kebanyakan rasa nyeri di telapak kaki disebabkan oleh suatu kondisi radang pada jaringan lunak yang disebut Fasciitis Plantaris.

Nyeri yang ditimbulkan bisa berintensitas ringan sampai tinggi tergantung seberapa berat peradangan pada ligamen. Kaki mungkin terasa lemah, teriritasi bahkan hingga bengkak. Fasciitis plantaris paling sering terjadi pada orang paruh baya, tentara atau atlet.

Beberapa penyebab nyeri di telapak kaki:
- bentuk lengkungan telapak kaki yang terlalu tinggi atau terlalu datar
- Aktifitas fisik berlebihan pada kaki misalnya terlalu banyak berjalan, berdiri dalam waktu lama pada alas yang keras
- Kelebihan berat badan
- Penggunaan alas kaki atau sandal yang tidak cocok
- Memiliki otot betis atau tendon achilles yang ketat

Apabila rasa sakit paling sering terjadi pada waktu malam hari ada kemungkinan anda menderita Arthritis atau radang sendi. Jika anda ragu-ragu tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.

Sampai saat ini belum ada pengobatan tunggal yang spesifik untuk plantar fasciitis, untuk mengurangi nyeri dan peradangan tips berikut dapat dicoba:

- Istirahatkan kaki
Untuk sementara istirahatkan kaki, kurangi berjalan, menaiki tangga dan berdiri di permukaan yang keras.

- Untuk mengurangi peradangan cobalah untuk mengkompres telapak kaki dengan air es

- Obat pereda nyeri
Jika diperlukan minum obat pereda rasa nyeri yang mengandung ibuprofen, naprosen atau aspirin.

- Jika peradangan masih berlanjut hubungi dokter untuk diberikan terapi lebih lanjut misalnya fisioterapi, kortikosteroid atau diberikan alat bantu khusus untuk menyeimbangkan beban tubuh. Pada kasus kronis Radial Shock Wave Therapy (RSWT) memberikan hasil yang cukup bagus.

Rating: 4.5