Artikelkesehatand.com

Cara Melakukan Push Up Yang Benar


Push up dan sit up merupakan olahraga fisik yang sangat populer karena selain mudah dilakukan sedari kecil kita juga sudah diperkenalkan dengan jenis olahraga yang menggunakan tubuh sebagai beban ini.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal perlu diketahui cara melakukan push up yang benar salah-salah bukannya membakar lemak dan membentuk otot malah cedera. Push up yang benar melatih otot-otot lengan, tangan dan perut,

Push up dinding

Untuk pemula yang belum sanggup menopang berat badan dengan tangan bisa melakukan push up berdiri menghadap dinding.



Berdiri kurang lebih dua atau tiga langkah menghadap dinding. Letakan telapak tangan pada permukaan dinding kemudian dekatkan wajah ke dinding dengan cara menekuk lengan. Lakukan berulang-ulang. Bagi yang sudah terbiasa bisa melakukan gerakan push up dinding ini beberapa puluh kali setiap sesi. Saat memerlukan beban yang lebih berat, Push up berlutut bisa dicoba.

Push up lutut

Push up dengan menggunakan lutut sebagai tumpuan memiliki beban yang lebih berat dibanding dengan push up dinding.



Posisikan tubuh seperti push up sempurna tetapi menggunakan lutut sebagai tumpuan. Karena lutut kurang fleksibel push up ini mungkin menimbulkan rasa sakit di lutut. Jika perlu taruh bantalan empuk dibawah lutut untuk menghindari cedera. Setelah berada dalam posisi seperti gambar diatas, tekuk tangan sehingga tubuh mendekati lantai kemudian push tubuh ke atas (up). Jaga agar lutut, pinggang dan kepala selalu berada dalam garis lurus. Lakukan gerakan ini berulang ulang sebanyak 10 kali per sesi dengan beberapa sesi sekali latihan.

Push up sempurna 

Push up sempurna tentu saja membutuhkan tenaga yang lebih besar dibanding dengan push-up sebelumnya karena tumpuan berada di ujung jari kaki. Sebaiknya lakukan diatas alas yang keras misalnya di atas lantai atau matras tipis. Letakan kedua telapak tangan di lantai denga ujung jari kaki sebagai tumpuan. Untuk keseimbangan, kaki jangan terlalu menyempit atau melebar kira-kira selebar bahu.





Jaga agar kaki, pinggang dan kepala tetap dalam keadaan lurus. Tekuk lengan bawah dan lengan atas sampai membentuk sudut 90 derajat kemudian dorong keatas sambil mengambil napas. Saat badan diturunkan buang napas secara perlahan-lahan.

Untuk mendapatkan manfaat push up lakukan secara rutin pagi dan siang. Jangan lupa untuk tetap melakukan streching dan pemanasan sebelum memulai sesi push up. Selamat mencoba

Rating: 4.5