Artikelkesehatand.com

Makanan yang Dapat Mengurangi Stres

Setiap hari kita menghadapi stres dan cara bereaksi dengan stres memberikan dampak langsung dan tidak langsung pada diri dan lingkungan kita. Managemen stres yang baik bisa memberikan dampak yang baik bagi kesehatan dan produktifitas. Ada banyak strategi mengurangi dampak buruk stres salah satunya adalah dengan makanan.

Makanan dapat mengurangi stres dalam beberapa mekanisme misalnya pisang dapat meningkatkan kadar serotonin yang membuat kita lebih santai sedangkan jenis makanan/minuman lain secara signifikan menurunkan kadar hormon stres seperti kortisol dan adrenalin.

Banyak peneliti dari dalam maupun luar negeri yang meneliti berbagai macam makanan untuk mengurangi stres. apa saja? Simak ulasan berikut

Karbohidrat kompleks
Karbohidrat kompleks merupakan karbohidrat yang baik untuk kesehatan karena dicerna lebih lambat. Penyerapan yang lambat membuat kadar gula darah lebih stabil. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks diantaranya gandum, pasta, oatmeal, roti.

Karbohidrat sederhana
Semua jenis karbohidrat pada dasarnya meningkatkan pelepasan hormon serotonin termasuk karbohidrat sederhana. Meskipun dapat mengurangi stres dengan cepat tetapi mengkonsumsi karbohidrat sederhanya secara berlebihan tidak baik bagi kesehatan dalam jangka panjang. Soda, minuman dengan tambahan gula pasir, permen merupakan contoh makanan/minuman dengan karbohidrat sederhana.

Jeruk
Kandungan vitamin C dalam jeruk dapat mengurangi kadar hormon stres sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Studi yang dilakukan pada penderita darah tinggi menunjukan bahwa mengkonsumsi vitamin C sebelum pembebanan stres dapat menurunkan kadar hormon kortisol (hormon stres)

Bayam
Magnesium dalam bayam disebut-sebut sebagai mineral yang mengurangi efek stres. Kekurangan magnesium dapat memicu keletihan dan sakit kepala. Tidak suka bayam? makanan alternatif yang mengandung magnesium diantaranya tempe dan daging ikan salmon.

Lemak ikan
Kandungan omega 3 dalam minyak ikan salmon, tuna dan bandeng terbukti mencegah peningkatan hormon stres terlalu tinggi, mencegah penyakit jantung, gangguan mood dan pre menstrual syndrome. Tiga ons lemak ikan dua kali seminggu sudah mencukupi  kebutuhan omega 3.

Teh hitam
Teh hitam hangat mampu memulihkan tubuh dari stres lebih cepat. Segelas teh hitam setiap hari bisa menjadi tameng efektif terhadap stres.

Kacang-kacangan
Biji-bijian dan kacang-kacangan mengandung lemak sehat, menurunkan kolesterol yang menurunkan peradangan di pembuluh darah arteri. Almond, walnut dan kacang tanah dan kacang-kacangan lainnya membantu melindungi terhadap efek stres negatif. Sebaiknya jangan berlebihan karena kacang-kacangan biasanya mengandung banyak kalori.

Alpukat
Seperti biji-bijian, alpukat juga memiliki banyak kandungan lemak sehat. Kandungan kalium yang tinggi juga baik dikonsumsi saat pikiran penat.

Susu
Penelitian menunjukan bahwa kalsium mengurangi kecemasan dan masalah mood. Susu hangat menurunkan efek stres dengan cepat. Disarankan untuk minum susu skim atau susu rendah lemak.

Olahraga
Meskipun bukan merupakan "makanan untuk mengurangi stres" tetapi karena olahraga merupakan salah satu pengurang stres yang paling efektif kami tetap memasukannya disini. Olahraga aerobik meningkatkan peredaran darah, oksigen keseluruh tubuh hasilnya berupa peningkatan hormon endorfin, hormon yang membuat kita merasa lebih baik.3-5 kali seminggu selama 30 menit sudah cukup untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan penurunan tingkat stres.
baca juga makanan untuk meningkatkan konsentrasi pelajar dan pekerja.

Rating: 4.5