Artikelkesehatand.com

Penyebab Cepat Lelah Saat Bekerja / Belajar

Ada saat baru memulai bekerja atau belajar kita sudah merasa lelah padahal baru saja beberapa jam menghadapi pekerjaan. Hasilnya daya konsentrasi menurun yang berakhir dengan penurunan produktifitas.

Ada banyak faktor penyebab cepat lelah saat bekerja atau belajar. Australian Safety and Compensation Council (ASCC) - Departement of employment and workplace relation dalam makalahnya menyebutkan beberapa faktor penting diantaranya : jam kerja, lingkungan, pola tidur, stres kerja, tuntutan fisik dan psikis saat bekerja, psikososial, hubungan interpersonal, kondisi lingkungan tempat kerja seperti suhu dan bising.

Pola dan kecukupan tidur memegang peranan yang cukup penting pada saat memulai pekerjaan. Tidur yang berkualitas yang ditandai dengan bangun dalam keadaan segar sangat mempengaruhi produktifitas keesokan harinya. Dikutip dari kompas, Dr Jill Dorrian dari Centre for Sleep Research University of South Australia mengatakan konsumsi kafein dan air juga dapat mempengaruhi kebugaran seseorang.

Dr Dorian menyarankan untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup untuk mencegah otak kekurangan cairan. Saat otak terhidrasi dengan baik maka nutrisi dan oksigen dapat disampaikan ke sel dengan baik.

Menurut Lifestyle Observer dan Pengajar Biologi Fisiologi Tubuh dari Shape Up Indonesia, dr Grace Judio-Kahl, MSc, MH, CHt Penyebab kelelahan dalam bekerja bisa sangat beragam diantaranya disebabkan karena penyakit akut maupun kronis.

Tak jarang masalah emosional yang memicu stres yang sedang dihadapi juga mempengaruhi kelelahan. Nutrisi juga memegang peranan penting.

Untuk mengatasi kelelahan bisa dengan cara temporer maupun dengan cara jangka panjang. Temporer dengan cara mengkonsumsi cukup nutrisi, vitamin B, minum suplemen, buah dan sayur. Sedangkan untuk jangka panjang harus dicari akar masalah dan menanganinya dengan benar misalnya dengan memperbaiki pola tidur, olahraga serta mengobati penyakit kronis yang diderita.

Rating: 4.5