Artikelkesehatand.com

Makanan Untuk Meningkatkan Konsentrasi


Selain latihan ternyata apa yang kita makan juga banyak mempengaruhi performa dalam keseharian ada makanan yang dapat meningkatkan konsentrasi, sebaliknya ada juga makanan yang menghambat untuk secara maksimal memanfaatkan kemampuan fokus kita. Supaya senantiasa dalam kondisi terbaik pekerja kantoran dan pelajar perlu "Melek gizi" karena sangat mempengaruhi kinerja di kantor dan di bangku sekolah.


Kebutuhan kalori pria rata-rata berkisar antara 2000-2300 kalori sedangkan wanita berkisar antara 1500-1800 kalori setiap harinya. Mencukupi kebutuhan kalori saja sudah barang tentu belum cukup, perlu gizi dalam jumlah yang cukup dan seimbang. Nutrisi yang dimaksud selain kalori adalah serat, protein, vitamin, mineral dan lemak. Sumber nutrisi juga perlu dipilih-pilih karena ada sumber yang sehat dan ada pula yang kurang sehat.

Pilihan Makanan yang meningkatkan konsentrasi
untuk karbohidrat pilihlah sumber yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah misalnya kentang dengan kulitnya dan nasi merah. Hindari sumber karbohidrat sederhana seperti gula atau makanan yang mengandung banyak tepung karena meskipun sama-sama sumber karbohidrat tetapi makanan tersebut dapat menurunkan daya konsentrasi.

Untuk lemak pilihlah sumber makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti omega 3 dalam ikan, omega 6 dalam kedelai dan omega 9 yang terdapat dalam minyak zaitun sedangkan lemak yang perlu dihindari berasal dari gorengan, makanan cepat saji, daging merah dan makanan laut.

Protein sebagai zat pembangun juga tak kalah penting. Seimbangkan jumlah makanan yang mengandung protein hewani dan nabati. Sumber protein yang baik untuk konsentrasi diantaranya putih telur, daging ayam tanpa kulit dan kacang-kacangan.

Dengan memakan sayuran dan buah yang bervariasi setiap hari memastikan kebutuhan vitamin dan mineral tercukupi. Masalah pekerja kantor biasanya sering merasa lapar, untuk mengatasi hal ini tingkatkan asupan protein serta mengkonsumsi snack diantara sarapan dan makan siang atau beberapa jam setelah makan siang. Snack yang dimaksud juga harus snack sehat seperti protein bar atau potongan buah-buahan.

Selain makanan pastikan juga bahwa asupan cairan yang masuk juga cukup, karena kehilangan cairan dapat menurunkan konsentrasi dan daya pikir.

Rating: 4.5