Artikelkesehatand.com

Telapak Kaki Sakit? Lakukan Fisioterapi

Ada beberapa orang yang sering mengeluhkan telapak kaki sakit. Seperti ada yang menganjal, bahkan ada yang jika tetap dipaksakan untuk berjalan rasa sakit itu bisa menjadi nyeri yang sangat menganggu. Mereka biasanya beranggapan bahwa itu adalah gejala yang ditimbulkan dari penyakit asam urat. Akan tetapi, pada kenyataannya, rasa nyeri pada telapak kaki bukan berarti menandakan bahwa seseorang mengalami asam urat. Walaupun tidak dapat dipungkiri, bahwa kemungkinan untuk mengalami asam urat bisa saja terjadi. Namun biasanya yang sering terjadi justru adalah Fasciitis Plantaris atau lebih mudah dikenal dengan sebutan radang pada jaringan lunak. Jaringan lunak yang mengalami peradangan itu terdapat di bagian bawah tulang kaki, yang tidak lain adalah telapak kaki. Yang menyebabkan radang jaringan lunak ini terjadi adalah dikarenakan adanya sebuah iritasi kronis yang berdiam di telapak kaki dalam waktu yang relatif lama. Biasanya, rasa sakit telapak kaki ini dirasakan ketika sedang dalam keadaan berdiri.

Apabila rasa sakit di telapak kaki sudah benar-benar sangat sakit, sebaiknya dilakukan proses fisioterapi pada daerah telapak kaki. Akan tetapi apabila rasa sakit yang dirasakan masih dalam batas ringan, Anda bisa melakukan beberapa tindakan sendiri agar rasa sakit telapak kaki bisa berkurang. Cara yang sebaiknya dilakukan adalah merendam kaki ke dalam air hangat, kemudian menggunakan air dingin secara bergantian. Hal ini bisa membantu mengurangi rasa sakit telapak kaki asalkan dilakukan secara continue dan tentunya teratur. Apabila hendak mengguakan alas kaki, pilihlah yang memiliki alas yang bertekstur lembut atau pilihlah alas kaki yang alasnya terbuat dari bahan karet yang lembut.

Pada saat terbangun dari tidur usahakan untuk tidak langsung menginjakkan kaki ke lantai. Sebelum menginjakkan kaki ke lantai ada baiknya menggosokkan kedua kaki dengan tujuan agar kedua telapak kaki terasa hangat. Setelah itu barulah pijakkan kaki ke atas lantai. Apabila Anda malakukan perjalanan yang lumayan jauh dengan berjalan kaki, usahakan untuk menyempatkan diri beristirahat sejenak. Jangan memaksakan kaki untuk terus menerus berjalan. Apabila hal itu terus dipaksakan, maka kaki akan terasa letih dan telapak kaki sakit.

Apabila Anda sudah melakukan beberapa cara yang telah dijelaskan di atas dan Anda merasakan perubahan pada kaki Anda, maka itu tandanya Anda memang mengalami peradangan pada bagian jaringan lunak. Sebaliknya, apabila Anda masih merasakan telapak kaki sakit, itu berarti Anda harus segera melakukan pemeriksaan dan anda bisa melakukan pengeceken terhadap kadar asam urat, kadar kolesterol dan juga gula darah.


Rating: 4.5