Artikelkesehatand.com

Penyebab Utama Tumit Sakit

Banyak sekali dari kalangan masyarakat yang mengeluhkan bagian tumit sakit sekali. Sakit yang terasa pada kaki bagian tumit ini sering sekali dikaitkan dengan asam urat. Setiap kali ada yang mengeluhkan sakit pada tumitnya, orang yang mendengar pasti akan menjawab dengan lantang bahwa penyebabnya adalah karena sam urat. Namun, apakah sebenarnya yang menyebabkan tumit bisa terasa sakit? Kaki kita terdiri dari susunan beberapa tulang. Dari beberpa tulang yang menyusun kaki, tulang ang paling besar adalah tulang tumit. Setiap manusia memiliki tonjolan di tempat melekatnya tendon atau biasa disebut urat otot. Bisa dikatakan bahwa tendon adalah pangkal dan akhir dari otot. Bisa dikatakan bahwa tendon berperan sebagai enyambung antara tulang yang satu dengan tulang lainnya. Karena adanya hubungan tulang-tulang inilah yang memungkinkan kita melakukan sebuah gerakan tulang dengan persendian yang kita miliki. Ini pula yang menyebabkan kita bisa melakukan banyak sekali kegiatan.

Begitu pula dengan tumit, tumit kita memiliki banyak tendon. Dan sadarkah kita bahwa tumit adalah tempat bertumpu? Ketika kita dalam keadaan berdiri, semua beban tubuh kita tertumpu pada tumit. Entah kita hanya sekedar berdiri, akan melangkah atau benar-benar berjalan, semuanya ditopang oleh bagian tubuh yang diberi nama telapak kaki. Tumit sakit bisa disebabkan oleh bermacam hal. Misalnya karena kadar asam urat dalam darah kita terlalu tinggi. Apabila kadar asam urat terlalu tinggi, hal ini akan menyebabkan terbentuknya endapan ataupun menimbunnya Kristal asam urat. Yang menyebabkan rasa sakit pada kaki kita adalah Kristal-kristal tersebut. Apabila dibiarkan dan mengendap terlalu lama, maka endapan itu akan membentuk benjolan yang diberi nama tophus atau nama lainnya adalah tophi.

Bukan hanya disebabkan karena kadar asam urat. Penyebab lainnya juga memungkinkan timbulnya sakit tumit. Apabila timbul sebuah tonjolan atau benjolan pada tumit kita, itu juga bisa menjadi sebuah penyebab adanya rasa sakit. Sakit itu dikarenakan benjolan yang muncul dengan urat-urat yang menghubungkannya mengalami tekanan. Sakit tumit juga bisa disebabkan karena kondisi tubuh. Berat badan yang melebihi betas normal juga bisa menyebabkan tumit sakit. Semakin gemuk, semakin besar beban yang harus ditopang oleh tumit. Kebiasaan menggunakan sepatu berhak tinggi juga menjadi salah satu penyebab. Gaya beban yang dihasilkan dari penggunaan sepatu hak tinggi menyebabkan telapak kaki, terutama tumit mengalami sakit.

Masih banyak penyebab sakit tumit, seperti pengapuran tanpa keropos tulang tumit serta osteoporosis dan pengapuran tulang tumit. Dengan begitu bisa kita ketahui bahwa kadar asam urat bukanlah satu-satunya penyebab terjadinya tumit sakit.

Rating: 4.5