Artikelkesehatand.com

5 Cara Mudah memiliki jantung Sehat

5 Cara Mudah memiliki jantung Sehat

Jantung merupakan organ penting dalam tubuh kita, fungsi utama yang dilakukan adalah memompa darah keseluruh tubuh bersamaan dengan O2 yang didapat dari Oksigen yang dihirup melalui hidung dan mulut. Dalam proses ini membutuhkan detak jantung yang lebih keras dan kencang agar peredaran darah lebih lancar. Dilihat dari beberapa jenis jantung, ternyata kekuatanyang dimilki setiapa orang itu berbeda – beda. Nah maka dari itu kita wajib menjaga kesehatan jantung kita sedari dini. Agar kehidupan kita lebih panjang dan lebih sehat. Bagaimana sih supaya jantung kita tetap sehat? Pertanyaaan itu pasti muncul dibenak anda. Untuk lebih jelasnya, yuk kita langsung simak saja tips dan cara yang akan kami sajikan kali ini.


Tips cara tersebut adalah :
Stop Rokok : Bagi seorang yang perokok berat memang sangat sulit dan bahkan berpikiran mustahil untuk berhenti. Dikarenakan rokok mengandung bahan yang membuat candu atau ketagihan. Namun tidak kata mustahil untuk orang yang benar – benar berusaha. Udara yang kotor dan asap rokok memang sangat berbahaya bagi kesehatan jantung. Hindari terlalu sering mencukur rambut dihidung anda dikarenakan rambut tersebut sebagai penyaring udara yang sangat baik dibanding alat bantu lain. Atau kalau memang anda lagi bepergian, tidak ada salahnya jika anda memakai masker. Untuk anda yang perokok berat, anda sebenarnya tidak membahayakan diri anda sendiri saja, malah yang lebih parah yang ada disamping anda selaku perokok pasif karena secara tidak langsung mereka – mereka juga menghisap asap yang anda keluarkan. Jadi cobalah kurangi jatah rokok anda secara bertahap, dan berhentilah secara total jika anda sudah sudah benar – benar yakin demi kesehatan jantung dan kehidupan anda kedepan.

Kurangi Konsumsi Kopi : Kopi memang gampang didapat diwarung dan juga dijual secara sachet oleh para produsen, namun apakah anda mengerti tentang efek samping dari meminum kopi. Kopi memang bisa dianggap baik dan buruk. Dilihat dari sisi baik, kopi bisa meningkatkan konsentrasi dan memaksimalkan kerja otak namun dengan itu juga, jantung akan berdetak lebih kencang tapi tidak secara normal dan membuat jantung anda lebih lemah. Dilihat dari sisi buruk, bagi sebagian orang yang mempunyai lambung yang berpenyakit, seperti maag dan lain sebagainya akan menyebabkan sakit perut serta mengurangi nafsu makan. Jadi anda bias mengurangi mengkonsumsi kopi untuk jantung yang lebih sehat.

Tidur Yang Cukup : Jantung juga memounyai batas kerja dan perlu juga diistirahatkan. Dengan tidur yang cukup dan tepat waktu, maka detak jantung akan kembali normal dan serta hidup anda akan lebih sehat karena tidur yang berkualitas.

Hindari Stress : Jantung erat kaitannya dengan otak, jika otak kerjanya tidak normal, maka otomatis berimbas dengan kerja jantung sehingga membuat detaknya tidak normal, Jika anda banyak masalah, entah itu dalam pekerjaan atau lainnya, maka kami sarankan jangan dipikir terlalu serius, anggaplah itu semua ujian buat anda. Jika anda berpikir terlalu keras dan sampai stress, maka jantung anda pun akan drop, bahkan bisa – bisa gagal jantung. Demi kesehatan jantung anda, coba santailah meski hanya sejenak.

Olah Raga rutin : Dengan berolah raga, pacu jantung akan dilatih untuk berdetak lebih keras, namun jika dilakukan secara rutin, maka jantung tidak akan kaget. Dan membuat jantung lebih kuat dalam melakukan kerjanya.

Sebenarnya masih banyak lagi yang mau kami bagi, namun semua tips diatas kami rasa sudah cukup untuk buat jantung anda lebih sehat. Mungkin lain kali akan kami bagi lagi hal yang lebih penting dan bermanfaat bagi anda. Sayangilah jantung anda demi kehidupan yang lebih panjang. Selamat Mencoba!

Rating: 4.5