Artikelkesehatand.com

Beberapa Makanan Yang Dapat Mengatasi Anemia

Beberapa Makanan Yang Dapat Mengatasi Anemia
Banyak sekali yang mengeluhkan dan bertanya apa saja sih makanan yang bisa menyembuhkan anemia?. Dan cocok sekali dengan bahasan yang akan kami bawakan pada kali ini. Anemia bisa disebakan oleh beberapa factor dan kemungkinannya bisa terjadi pada siapa saja. Anemia merupakan penyakit yang sangat umum dan andapun bisa jadi salah satu penderitanya. Penyakit kurang darah ini sangat ringan namun bisa berimbas sangat fatal pada kehidupan sehari hari. Untuk menghindari terjadinya anemia, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan dihindari.


Gejala yang disebabkan oleh anemia atau kurang darah :
* Jika kita duduk dalam waktu yang lama dan anda langsung bangun dan berdiri, maka mata anda akan berkunang – kunang atau bahkan jadi gelap. Hal ini sangat umum terjadi dikarenakan darah tidak cepat sampai di otak sebab karena kita terlalu lama duduk dan darah otomatis menumpuk di badan bagian bawah. Untuk menghindari roboh saat bangun, usahakan anda bangun dengan pelan – pelan, sehingga darah bisa mengalir dengan lancar dan kepala anda tidak pusing.
* Pucat dan lemas, Darah merupakan elemen penting dalam tubuh kita sebagai pembawa kandungan oksigen atau O2 pada seleuruh tubuh. Sehingga sangat dibutuhkan perawatan yang khusus agar darah kita tetap normal dan tidak berkurang. Jika darah kita berkurang, maka tubuh kita akan lemas dan wajah akan pucat. Anda tidak perlu takut, karena gejala ini sangat umum dan sering terjadi pada penderita anemia.

Hal – hal yang bisa menyebabkan Anemia :
* Begadang, salah satu hal ini sangat sering disepelekan dan kurang tidur sangat berpengaruh sekali dengan yang namanya sel darah merah. Udara malam yang kurang bersahabat dengan kesehatan, bisa menyebabkan kerusakan pada sel  dan mengurangi volume darah dalam tubuh. Untuk itu kami sarankankan, janganlah tidur terlalu larut dan lebih banyaklah istirahat.
* Makanan, asupan makanan juga penting untuk diperhatikan, salah satunya adalah mentimun, karena kandungannya  90% air.  Menurut dari ilmu kesehatan, mentimun sangat tidak baik dikonsumsi bagi penderita anemia. Dan banyak lagi yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.

Makanan Yang disarankan untuk penderita anemia :
* Sayur, makanan yang berasal dari tumbuhan ini sangat baik sekali untuk pembentukan sel darah merah. Salah satu contohnya adalah : Daun pucuk singkong, Pucuk ketela panjang, Pucuk labu dan lain – lainnya. Sayur yang disebutkan diatas, bisa dengan mudah anda dapatkan dan didalamnya banyak mengandung zat besi yang merupakan elemen utama dalam pembentukan darah baru. Untuk itu, bagi anda yang tidak suka sayur, usahakan membiasakan mengkonsumsinya. Karena sayur tersebut sangat baik bagi kesehatan.
* Rawon, bagi penderita darah tinggi sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini. Selain kandungan kolesterolnya yang tinggi, juga akan berakibat fatal bagi kesehatan. Namun berbanding terbalik dengan anda selaku penderita darah rendah, anda bisa secara rutin mengkonsumsi sampai darah anda benar – benar normal. Rawon yang diutamakan adalah yang terbuat dari daging kambing. Karena kandungan zat besi yang didapat lebih besar.

Sebenarnya kurang darah itu baik, namun bagi orang yang kesehatannya lagi fit. Yaitu darah berkurang jarena melakukan donor. Berbeda dengan orang yang darahnya berkurang secara alami. Tubuh akan lemas atau loyo karena terlalu banyak darah yang berkurang. Hal ini sangat tidak baik. Anda bisa melakukan semua cara diatas demi kelangsungan hidup anda yang sehat. Jangan menyepelekan penyakit sekecil apapun, karena akan berakibat fatal dikemudian harinya. Selamat mencoba ya dan semoga darah anda cepat bertambah!

Rating: 4.5