Artikelkesehatand.com

Tips Mengontrol Buang Air Kecil Saat Hamil

Sebagian besar ibu hamil biasanya sulit untuk mengontrol buang air kecil saat bersin maupun saat tertawa, untuk mengatasinya ada beberapa tips mengontrol buang air kecil saat hamil dengan mudah yang dapat anda lakukan. Penyebab sulitnya mengontrol buang air kecil saat hamil ini karena jumlah cairan pada tubuh ibu hamil mengalami peningkatan dalam jumlah yang cukup banyak. Selain itu, hal ini disebabkan juga karena terjadinya penekanan pada kandung kemih yang membuat urine yang tersimpan menjadi sedikit sehingga tidak dapat menahan buang air kecil ketika batuk, bersin maupun ketika tertawa. Untuk itu, anda harus selalu membiasakan diri untuk rutin buang air kecil meskipun keinginan untuk buang air tersebut sangat kecil.


Berikut ini adalah beberapa tips mengontrol buang air kecil saat hamil yang dapat anda lakukan dengan mudah:

  • Melakukan latihan kegel – untuk dapat mengontrol buang air kecil selama masa kehamilan, anda dapat mengikuti latihan kegel untuk mengatasi masalah tersebut. Cara ini juga sering dianjurkan oleh para ahli kesehatan untuk mengatasi keinginan buang air kecil yang tidak dapat terkontrol. Selain itu, senam kegel ini dapat memberikan kenyamanan bagi para ibu hamil sehingga dapat lebih mudah dalam mengontrol keinginan buang air kecil tersebut dan memberikan rasa aman pada ibu hamil.
  • Perbanyak konsumsi air putih – selama kehamilan, kebutuhan cairan tubuh harus selalu terpenuhi. Anda dapat mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh tersebut. Mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari ini dapat menghindari terjadinya infeksi pada saluran kemih dan juga dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Karena selama kehamilan, ibu hamil lebih mudah berkeringat dan lebih banyak mengeluarkan cairan tubuh. Oleh karena itu, asupan cairan tubuh serta vitamin seperti memperbanyak konsumsi buah dan sayur juga sangat penting untuk ibu hamil.

Demikianlah beberapa tips mengontrol buang air kecil saat hamil yang dapat kami sampaikan pada artikel diatas. Semoga tips kesehatan ini dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan anda dengan baik.

Rating: 4.5