Artikelkesehatand.com

Bahaya Pasang Kawat Gigi Atau Behel Sembarangan

Banyak orang yang tentunya belum mengetahui berbagai macam bahaya pasang kawat gigi atau behel sembarangan, karena sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa penggunaan behel sendiri akhir-akhir ini memang sempat menjadi trend tersendiri terlebih di kalangan para remaja. Jika dahulu menggunakan behel gigi memang hanya untuk mengatasi permasalahan pada gigi saja dan akan terlihat kuno dan juga aneh, maka hal tersebut berbeda dengan saat ini yang memang cenderung lebih fashionable dan terlihat tidak membosankan. Dan bahkan pada saat ini menggunakan behel sendiri dapat dikatakan hanya sebagai penunjang penampilan atau fashion saja, karena behel gigi pada saat ini sudah sangat benyak menggunakan variasi dan tidak hanya berupa kawat gigi saja.

Bahaya Pasang Kawat Gigi Atau Behel Sembarangan

Fungsi utama dari penggunaan behel atau kawat gigi sendiri sebenarnya untuk merapatkan dan merapikan posisi gigi pada mulut seseorang, karena setiap orang tentunya tidak akan selalu memiliki urutan dan posisi gigi yang baik dan juga sempurna. Maka dari itulah untuk dapat memperbaiki kondisi tersebut maka menggunakan behel atau kawat gigi sendiri memang merupakan salah satu solusi yang tepat, namun tentunya hal tersebut tidak dapat dilakukan secara asal-asalan. Maka dari itulah jika tidak dilakukan dengan benar maka akan memberikan banyak efek samping negatif pada mulut.

Dan di bawah ini adalah beberapa bahaya pasang kawat gigi atau behel sembarangan yang dapat kita ketahui bersama


Bahaya pertama yang dapat diketahui adalah lebih mudahnya bakteri dan juga kuman masuk kedalam mulut, hal tersebut tentunya karena gigi menjadi lebih sulit untuk dibersihkan karena adanya kawat atau behel gigi yang digunakan. Dan dengan kondisi tersebut maka sisa-sisa makanan pun akan lebih mudah tertinggal di gigi yang akan mengundang berbagai macam kuman dan bakteri kedalam mulut, sehingga berbagia macam penyakit mulut pun lebih mudah menghampiri. Maka dari itulah mengapa pemasangan kawat atau behel gigi sendiri tidak dapat dilakukan saembarangan, karena perawatan yang dibutuhkan pun cukup intensif.

Bahaya kedua yang dapat diketahui adalah dapat membuat gigi menjadi mudah goyah atau goyang, pasalnya ketika seseorang menggunakan kawat atau behel gigi, maka secara otomatis gigi pun akan ditarik paksa dan berubah dari posisi awalnya untuk mengikuti posisi kawat atau behel gigi. Dengan kondisi tersebut maka sudah dapat dipastikan jika pemasangan kawat atau behel gigi dilakukan dengan sembarangan, maka berbagai resiko serta efek samping negatif pun akan lebih mudah mengahmpiri.

Adapun beberapa bahaya pasang kawat gigi atau behel sembarangan lainnya yang dapat diketahui seperti membuat susunan atau tatanan gigi menjadi berantakan, dapat menularkan penyakit, hingga terkena penyakit seperti hepatitis atau bahkan HIV.

Rating: 4.5